Tips Membuat Kerupuk Bawang yang Enak dan Renyah

Kerupuk bawang termasuk cemilan yang enak untuk di makan sambil santai di rumah.  Tidak hanya enak untuk cemilan tetapi juga lauk makan. Sekilas kerupuk bawang mirip dengan kulit pangsit. Memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sekali makan pasti langsung  membuat ketagihan. Saat ini ada banyak sekali orang yang jual kerupuk bawang. Ada yang mentah atau sudah matang, harganya pun sangat terjangkau. Jika anda ingin membuat sendiri di rumah, perhatikan tips berikut ini supaya kerupuk bawang enak dan renyah.

Kerupuk Bawang


Tambahkan Margarin di Adonan Santan
Untuk membuat kerupuk bawang, bahan dasarnya menggunakan santan. Sehingga terasa lebih gurih dan renyah. Santan  mengandung lemak nabati yang akan membuat kerupuk lebih harum dan gurih. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan lelehan margarin di adonan santan. Saat memasak santan tambahkan sedikit lelehan adonan. Ini akan membuat tekstur kerupuk lebih crumbly,  halus dan tercampur rata.

Jangan Gunakan Air Tetapi Gunakan Santan
Jangan pernah ganti santan dengan air.  Air akan membuat adonan lebih keras dan tidak renyah. Selain itu hasilnya terlihat rapuh dan kurang enak di makan. Oleh karena itu selalu gunakan santan untuk mencampur semua bahan  yang dibutuhkan. Sehingga hasil kerupuk bawang anda lebih enak, harum dan renyah. Banyak orang yang malas memeras santan dan menggantinya dengan air. Akhirnya hasil kerupuk kurang enak dan tidak renyah.

Perhatikan Suhu Ruangan
Jika anda malas untuk membuat kerupuk bawang sendiri, bisa membeli di tempat jual kerupuk bawang online. Tetapi bila ingin membuatnya, pastikan semua bahan dalam kondisi ruangan. Terutama cairan santan, anda harus memastikan suhunya tidak terlalu panas dan tidak  terlalu dingin. Tetapi  berada di suhu ruangan sehingga saat dimasukan ke dalam adonan hasil teskurnya lebih bagus. Hal ini akan membuat tekstur akhir kerupuk lebih gurih, renyah dan tahan lama.

Tambahkan Irisan Bawang
Untuk menambahkan tekstur kerupuk bawang,tambahkan irisan bawang. Tambahkan sedikit irisan bawang kecil-kecil di adonan. Irisan bawang tidak hanya menambahkan tekstur tetapi juga membuat rasa kerupuk bawang lebih enak dan gurih. Selain menggunakan irisan bawang, anda juga bisa menggunakan irisan daun seledri. Tidak perlu terlalu  banyak, secukupnya saja.  Saat membuatnya gunakan gilingan kerupuk yang bagus, sehingga hasilnya tipis merata. Tidak ada bagian yang tebal dan membuat tekstur kue keras. Selain menggunakan gilingan mie, anda juga bisa menggunakan botol kaca atau rolling pin.

Goreng dan  Simpan Kerupuk dengan Benar
Selain memperhatikan proses pembuatannya, anda juga harus memperhatikan cara menggoreng dan menyimpannya. Gunakan minyak goreng yang baru, supaya hasilnya  kerupuk tidak tengik dan beraroma sedap.  Gunakan api kecil, supaya kerupuk bisa matang dengan sempurna. setelah kering dan berubah menjadi kecokelatan langsung angkat dan tiriskan. Jangan simpan kerupuk bawang  saat masih  panas, biarkan dingin kemudian baru dimasukan ke dalam kaleng. Ini akan membuat kerupuk bawang tidak mudah melempem.

Proses membuatnya sangat mudah dan tidak butuh bahan yang rumit. Tetapi bila anda  selalu gagal terus menerus, lebih baik beli kerupuk bawang yang di jual di toko online. Saat ini sudah banyak toko jual kerupuk bawang online dengan harga yang bervariasi. Sebelum menggorengnya, lebih baik kerupuk bawang mentah di jemur terlebih dahulu. Ini akan membuat kerupuk bisa mengembang dengan baik dan rasanya lebih gurih.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Tips Membuat Kerupuk Bawang yang Enak dan Renyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel