Amankah Obat Batuk untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Mengonsumsi obat batuk untuk ibu hamil tidak bisa dipungkiri masih menjadi perdebatan bagi banyak pihak. Sumber perdebatan tersebut tidak lain adalah tentang keamanan mengonsumsi obat tersebut untuk wanita yang sedang hamil. Soalnya banyak orang yang menganggap bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang berbahaya. Berikut jawaban lebih lengkapnya.


Obat Batuk untuk Ibu Hamil


Penyebab Batuk pada Ibu Hamil
Hal pertama yang mesti diketahui adalah penyebab batuk pada ibu hamil itu sendiri. Sebenarnya penyebabnya terbilang cukup beragam dan juga tidak terlalu jauh berbeda dengan orang kebanyakan. Mulai dari cuaca yang tidak mendukung hingga daya tahan tubuh menurun. Namun khusus untuk ibu hamil maka stres saat kehamilan nyatanya juga bisa menjadi penyebab batuk.

Kandungan yang Dimiliki Obat Batuk
Sebelum bisa menjawab tentang keamanan obat batuk untuk ibu hamil, kandungan yang dimiliki obat batuk lebih penting diketahui lebih dulu. Kandungan tersebut mulai dari zat penangkal batuk hingga adanya dekstromethorphan dalam dosis yang masih rendah. Semua kandungan tersebut akan bekerja dalam tubuh terutama dalam otak untuk menghentikan batuk secepatnya.

Pada beberapa obat batuk juga memiliki kandungan khusus untuk mengatasi batuk yang berdahak. Soalnya batuk berdahak membutuhkan penanganan khusus dan seringkali memiliki dosis yang lebih tinggi. Sedangkan untuk bentuknya sendiri juga cukup beragam mulai dari pil, kapsul hingga bentuk cair yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil
Jadi sebenarnya obat batuk untuk ibu hamil masih tergolong aman asalkan Anda tepat memilihnya. Untuk itulah, penting sekali dalam memilih obat batuk yang tergolong untuk ibu hamil. Jenis obat batuk yang aman pertama adalah golongan ekspektoran yang mengandung guafinensin dan ampuh untuk mengatasi batuk berdahak.

Jenis berikutnya adalah golongan supresan yang mengandung dexometrophan dan ampuh untuk mengatasi batuk kering. Sedangkan untuk jenis terakhirnya adalah kombinasi dari kedua kandungan tersebut yang tentunya masih dengan dosis yang wajar. Jadi bagi ibu hamil sebaiknya memilih jenis-jenis yang sudah disebutkan barusan.

Obat Batuk yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil
Setelah mengetahui berbagai jenis obat batuk yang aman untuk ibu hamil maka Anda juga harus mengetahui obat yang tergolong tidak aman. Hal ini berguna agar Anda tidak salah dalam mengonsumsinya dan kemudian mengakibatkan efek samping yang berbahaya. Jenis yang pertama adalah jenis codeine yang biasanya digunakan untuk batuk yang kering.

Masalahnya adalah jenis obat batuk ini diketahui dapat membuat bayi dalam kandungan mengalami ketergantungan. Sedangkan untuk jenis keduanya adalah decongestant yang merupakan kombinasi antara obat batuk dan juga obat flu. Bahayanya jenis ini dapat meningkatkan risiko penghambatan darah pada plasenta ibu hamil.

Jadi obat batuk untuk ibu hamil tergolong masih aman asalkan mematuhi berbagai peraturannya. Termasuk tentunya dengan memilih obat batuk yang tergolong aman seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini berguna untuk menjamin kenyamanan sekaligus keselamatan buah hati di dalam kandungan.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.

0 Response to "Amankah Obat Batuk untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel