Manfaat Donor Darah Bagi Anak Muda

Seseorang sudah dapat mendonorkan darah mulai dari usia 17 tahun. Saat ini masih banyak anak muda kurang menyadari manfaat donor darah. Akibatnya, ketika ada event donor darah, kebanyakan pendonor adalah usia yang sudah matang. Padahal, jika dipelajari lebih dalam, donor darah sangat baik bagi anak muda, khususnya bagi kesehatan mereka sehingga di hari tua mereka tidak akan mengalami berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Donor Darah Bagi Anak Muda


Manfaat Donor Darah Bagi Anak Muda

1. Jantung Menjadi Lebih Sehat
Jantung yang sehat adalah aset yang sangat berharga di usia muda. Dengan memiliki jantung yang sehat, maka berbagai masalah kesehatan bisa dihindari. Salah satu cara untuk mendapatkan jantung yang sehat adalah dengan rutin mendonor darah. Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa pendonor darah mempunyai kemungkinan hingga 88% lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak melakukan donor darah.

2. Memperbarui Produksi Sel-Sel Darah Merah
Selanjutnya, manfaat donor darah bagi anak muda adalah dapat memperbarui produksi sel-sel darah merah. Setelah melakukan donor, tubuh akan memproduksi darah pengganti dalam waktu 2x24 jam. Seluruh sel darah merah akan terganti sepenuhnya dalam kurun waktu 4 hingga 8 minggu. Walaupun terlihat lama, namun tubuh anak muda yang masih segar pasti akan kuat untuk tetap beraktivitas seperti biasa selama masa pergantian tersebut.

3. Membantu Memaksimalkan Program Dietmu
Banyak anak muda yang mulai menyadari pentingnya menjaga berat badan. Jika demikian, donor darah bisa menjadi salah satu sarana untuk memaksimalkan program diet. Lantas bagaimana prosesnya? Setelah melakukan donor darah, tubuh akan kehilangan beberapa volume darah sementara. Akibatnya, frekuensi makan harus ditingkatkan untuk mempercepat regenerasi darah yang baru.

Menariknya, setiap 500 ml darah yang didonorkan, maka secara otomatis ada 650 kalori dalam tubuh yang terbakar secara alami. Inilah yang membuat donor darah cocok untuk mendukung program diet secara alami. Yang perlu diingat, donor darah ini hanya digunakan sebagai sarana pendukung saja, bukan cara utama untuk program diet.

4. Mendapatkan Tes Kesehatan Secara Gratis
Sebelum donor darah, akan ada berbagai pengecekan kesehatan yang dilakukan, mulai dari tekanan darah, suhu tubuh, nadi, dan kadar hemoglobin dalam tubuh. Setelah donor darah dilakukan, darah kemudian akan dites dan diamati di laboratorium. Ketika ada masalah dalam darah, pendonor akan diberitahu. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda bisa mendapatkan cek kesehatan secara gratis.

Itulah tadi beberapa keuntungan bagi anak muda yang mau mengikuti donor darah. Sebenarnya masih banyak manfaat yang lain. Tubuh yang sehat akan menjadi modal yang sangat berharga bagi anak muda untuk menjalani kehidupan yang akan dihadapi di masa mendatang. Dengan demikian, proses mencapai cita-cita akan menjadi lebih mudah dan lancar.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Manfaat Donor Darah Bagi Anak Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel